Frequently Asked Questions

PCPM adalah Pendidikan Calon Pegawai Muda, merupakan salah satu jalur penerimaan pegawai yang dipersiapkan untuk menjadi pimpinan di Bank Indonesia.

Rekrutmen PCPM Angkatan 36 tahun 2021 menggunakan 2 (dua) jalur yaitu :
  1. Open Recruitment
  2. Targeted Recruitment, yang terdiri dari Campus Hiring pada beberapa perguruan tinggi tertentu dan Referral melalui kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).
  1. Open Recruitment
    Open recruitment bersifat terbuka untuk seluruh kandidat yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia tanpa ada batasan perguruan tinggi.
  2. Targeted Recruitment
    • Campus Hiring : rekrutmen bersifat khusus dan ditujukan bagi kandidat yang memenuhi persyaratan tertentu serta berasal dari perguruan tinggi yang telah ditentukan oleh Bank Indonesia.
    • Referral LPDP : rekrutmen bersifat khusus dan ditujukan bagi kandidat yang merupakan lulusan S2 dari perguruan tinggi di luar negeri, dengan persyaratan bidang studi atau keahlian spesifik sesuai kebutuhan Bank Indonesia.
  1. Seleksi Administrasi;
  2. Seleksi Tes Potensi Dasar (TPD) dan Person-Organization Fit (POF);
  3. Seleksi Tes Pengetahuan Umum (TPU), Tes Pengetahuan Kebanksentralan (TPK), dan Tes Bahasa Inggris;
  4. Seleksi Psikologi, Leaderless Group Discussion (LGD), dan Wawancara Psikologi;
  5. Seleksi Tes Kesehatan dan Tes Psikiatri; serta
  6. Seleksi Wawancara Akhir.
Dalam masing-masing tahapan seleksi berlaku sistem gugur.
Benar, terdapat perbedaan antara tahapan seleksi Targeted Recruitment dengan Open Recruitment. Persyaratan pada Targeted Recruitment lebih tinggi, sehingga tahapan seleksi pada Targeted Recruitment terdiri dari:
  1. Seleksi Administrasi;
  2. Seleksi Tes Kesehatan dan Tes Psikiatri;
  3. Seleksi Psikologi, Leaderless Group Discussion (LGD), dan Wawancara Psikologi; dan
  4. Seleksi Wawancara Akhir.
Bank Indonesia hanya akan mengundang pelamar yang dinilai memenuhi persyaratan dan/atau kualifikasi yang ditetapkan untuk mengikuti proses seleksi PCPM Angkatan 36.
Periode pengisian online application dilakukan mulai 24 Juli 2021 pukul 00.00 WIB s.d 29 Juli 2021 pukul 23.59 WIB.

Dokumen yang diunggah (upload) pada saat pengisian online application antara lain:

  1. Scan identitas diri (KTP) – mandatory;
  2. Scan ijazah - mandatory;
  3. Scan transkrip nilai - mandatory;
  4. Scan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
  5. Scan sertifikat bahasa yang masih berlaku, seperti IELTS/iBT TOEFL/ITP TOEFL dan sertifikat keahlian (apabila ada).
  6. Scan Penyetaraan Ijazah dan Transkrip Nilai dari Ditjen Dikti (khusus bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang tidak termasuk dalam Top 50 QS World University Rankings)
Anda tetap diperkenankan untuk melamar pada seleksi penerimaan selama anda memenuhi persyaratan administrasi dan tidak memiliki hubungan keluarga sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Bank Indonesia. Namun apabila Anda dinyatakan lulus seleksi, Anda hanya dapat bekerja di BI selama tidak memiliki hubungan keluarga dengan pegawai di BI dengan kriteria sebagai berikut:
  1. Saudara (kandung/tiri/angkat) yang masih bekerja sebagai pegawai Bank Indonesia,
  2. Suami/istri yang masih bekerja sebagai pegawai Bank Indonesia, atau
  3. Orang tua (kandung/tiri/angkat) dan mertua yang kedua-duanya masih bekerja sebagai pegawai Bank Indonesia. Anda hanya diperkenankan memiliki salah satu hubungan keluarga dengan orangtua atau mertua saja.
Peserta tetap dapat melamar sepanjang sudah dinyatakan lulus dari jenjang pendidikan minimal sesuai kualifikasi. Untuk sementara peserta dapat mengisi Surat Keterangan Lulus sebagai pengganti Ijazah, serta Transkrip Nilai Sementara sebagai pengganti Transkrip Nilai. Selanjutnya pada tahap seleksi akhir, peserta diwajibkan menyampaikan update dokumen asli, yaitu Ijazah dan Transkrip Nilai resmi.
Apabila peserta memiliki nilai IPK dengan grading system yang berbeda dengan grading system Indonesia, maka untuk sementara peserta dapat melakukan self-assessment guna mengkonversi ke dalam bentuk angka serta menggunakan grading system yang ada di Indonesia, yaitu skala maks 4.00. Selanjutnya pada tahap seleksi akhir, peserta lulusan Luar Negeri wajib menyampaikan surat penyetaraan ijazah dan transkrip nilai yang dikeluarkan oleh Ditjen Dikti.
Diperkenankan, selama memenuhi persyaratan yang ditetapkan Bank Indonesia untuk jalur Open Recruitment.

Silahkan mendaftarkan akun terlebih dahulu dengan cara:

  1. Mengklik tombol masuk.
  2. Mengisi nama lengkap, alamat email, nomor KTP dan password.
  3. Membuka email yang sudah didaftarkan dan klik link untuk verifikasi akun.
  4. Masuk ke akun dengan mengisi alamat email dan password akun.
  5. Melengkapi formulir aplikasi online dengan lengkap, termasuk upload dokumen pendukung.

Untuk mengisi online application, agar menggunakan PC atau Laptop yang sudah terinstall dengan web browser versi terbaru. Perangkat hardware sekurang-kurangnya memiliki spesifikasi:

  1. Processor Core i3 atau setara
  2. Ram 4GB
  3. HDD 500 GB
  4. OS Windows/Linux/Mac versi terbaru
  5. Dilengkapi perangkat web cam, audio, microphone dan mouse.

Tidak menggunakan mobile phone.

Pengisian online application dilakukan dengan menggunakan salah satu pilihan browser berikut:
  1. Mozilla Firefox minimal versi 90 yang dapat menerima cookies.
  2. Google Chrome minimal versi 91 yang dapat menerima cookies.
Hasil setiap tahapan seleksi akan diumumkan melalui email (no-reply@pcpm36.rekrutmenbi.id) dan menu “Lamaran Saya” pada masing-masing kandidat serta melalui website rekrutmen ini. Dalam hal ini, Bank Indonesia berhak menetapkan kandidat yang memenuhi kualifikasi pada setiap tahapan seleksi. Hanya pelamar dengan kualifikasi terbaik (shortlisted candidates) berdasarkan penilaian Bank Indonesia yang akan diundang untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.

Pelaksanaan jalur seleksi terdiri dari 2 (dua) jenis, yakni seleksi online dan seleksi offline. Tahapan terdiri dari: 1) Seleksi Administrasi, 2) Seleksi Tes Potensi Dasar dan Person Organization Fit (POF),  3) Seleksi Tes Pengetahuan Umum, Tes Pengetahuan Kebanksentralan, dan Tes Bahasa Inggris,  4) Seleksi Tes Psikologi, Leaderless Group Discussion (LGD), dan Wawancara Psikologi, 5) Tes Kesehatan dan Tes Psikiatri, serta 6) Seleksi Wawancara Akhir.

Seleksi online dilakukan pada tahap 1, 2, 3, 4, dan 6, sedangkan tahap 5 dilakukan secara offline.

Pelaksanaan seleksi secara offline atau pertemuan langsung dilakukan pada 11 (sebelas) kota, yakni Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Makassar dan Manado. Peserta harus memilih salah satu kota dari 11 kota dimaksud untuk menjadi lokasi pelaksanaan tes offline.

Jika data belum disimpan (Save) maka data yang telah diinput akan hilang pada saat terjadi gangguan network atau listrik padam. Untuk itu, disarankan agar per tab/menu isian aplikasi online dapat disimpan (Save) terlebih dahulu sebelum mengisi tab/menu isian selanjutnya.
Proses penyimpanan dilakukan per halaman online test secara otomatis. Apabila terjadi kondisi listrik padam atau gangguan network maka peserta dapat mengulang kembali proses pengerjaan online test mulai dari halaman terakhir dengan sisa waktu yang ada (jangan melakukan Clear Cache). Pada saat listrik padam atau gangguan network, waktu pengerjaan tes akan tetap berjalan sesuai dengan waktu mulai diawal pengerjaan.
Pelaksanaan tes ulang hanya akan dipertimbangkan apabila terjadi insiden/hal-hal yang bersifat force majeur dan masif serta massal di wilayah/lokasi tertentu pada saat online test tengah berlangsung, seperti bencana alam, listrik padam dan/atau jaringan komunikasi di wilayah sekurang-kurangnya setingkat kota/kabupaten, yang mengakibatkan setidaknya 50 (lima puluh) orang peserta melapor bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tes. Panitia seleksi memiliki hak dan kewenangan sepenuhnya untuk merespon/tidak merespon, melayani/tidak melayani permintaan online test ulang sesuai dengan asesmen dan evaluasi oleh Panitia seleksi.

Jika koneksi anda terputus saat proses LGD berlangsung, Anda diharapkan segera login kembali ke dalam Zoom. Jangan lupa mengganti nama Anda dengan format “No Tes – Nama”. Setelah login ke dalam Zoom, Anda bisa menginformasikan No Tes, Nama dan Kelompok ke Administrator/Host melalui kolom chat agar dapat di assign ke breakout room LGD.

Pelaksanaan diskusi kelompok dan/atau wawancara psikologi ulang hanya akan dipertimbangkan apabila terjadi insiden/hal-hal yang bersifat force majeur dan masif serta massal di wilayah/lokasi tertentu pada saat online test tengah berlangsung, seperti bencana alam, listrik padam dan/atau jaringan komunikasi di wilayah sekurang-kurangnya setingkat kota/kabupaten, yang mengakibatkan setidaknya 50 (lima puluh) orang peserta melapor bahwa yang bersangkutan tidak dapat mengikuti tes. Panitia seleksi memiliki hak dan kewenangan sepenuhnya untuk merespon/tidak merespon, melayani/tidak melayani permintaan diskusi kelompok dan/atau wawancara psikologi online ulang sesuai dengan asesmen dan evaluasi oleh Panitia seleksi.

Apabila peserta diundang untuk mengikuti tes secara offline, peserta tidak diperkenankan untuk mengajukan pindah (kota) lokasi tes. Pelaksanaan tes offline sesuai dengan pilihan kota yang sudah disampaikan pada saat pengisian online application.
Silahkan menghubungi Contact Center Rekrutmen pada nomor: 021-80602112

Bantuan

Contact Center Rekrutmen 021-80602112